Sang Pemegang Paspor

Perempuan Indonesia asli yang kerap kali dipanggil Ailtje, Tjetje ataupun Ail. Sudah memegang paspor hijau sejak kanak-kanak dan hingga saat ini tak tergoda untuk mengganti warna paspornya menjadi warna lain. Tetapi seringkali disangka memiliki paspor lain dan dianggap sebagai WNA hanya karena bermukim di luar Indonesia.

Banyak alasan mengapa paspor yang jelas-jelas tak sakti ini masih dipegang juga. Si hijau yang memerlukan visa kemana-mana ini, kendati ribet, telah membawa sang pemilik mengunjungi serta bermukim di beberapa negara. Selain itu, sang pemilik paspor memang sangat ingin kembali tinggal di Indonesia untuk menghabiskan masa tuanya.

Blog ini memuat cerita hasil jalan-jalan serta foto-foto yang selama ini teronggok, terserak dan tak tersentuh di dalam external harddisk. Beberapa cerita, termasuk seri #JelajahIrlandia juga diselipkan dalam sosial blognya, http://www.binibule.com. Ketimbang tersimpan kurang rapi, lebih baik tulisan tersebut dipisahkan. Siapa tahu pengalaman-pengalaman tersebut  bisa memicu pemegang paspor hijau lainnya untuk membawa paspornya melihat dunia.

Salam,
Ailtje
Bukan travel blogger

Advertisements